Timeline Discussion General Disusupi Virus Joker, 8 Aplikasi Android Ini Harus Segera Dihapus

Tagged: , ,

  • Disusupi Virus Joker, 8 Aplikasi Android Ini Harus Segera Dihapus

    Posted by Android Cracker on August 15, 2021 at 12:00

    Seiring perkembangan teknologi digital, muncul berbagai macam aplikasi yang menjanjikan kemudahan bagi para pengguna smartphone.

    Ada banyak sekali aplikasi dengan kegunaannya masing-masing, yang bisa diunduh pengguna android di Google Play Store. Akan tetapi, tak semuanya berkualitas baik, bahkan beberapa di antaranya membahayakan.

    Periset keamanan dari Quick Heal Security Labs mendeteksi setidaknya delapan aplikasi di Google Play Store yang disusupi virus alias malware Joker.

    Meski telah melakukan penyaringan yang ketat, Google Play Store tetap dapat kebobolan sehingga meloloskan aplikasi berbahaya.

    Malware atau virus Joker dikenal tangguh karena mampu menemukan celah keamanan Play Store setiap beberapa bulan sekali dengan cara mengubah kode, metode eksekusi, maupun dengan teknik payload-retrieving.

    Virus Joker juga dapat membuat korbannya berlangganan layanan premium berbayar tanpa diketahui.

    Berikut ini 8 aplikasi android yang harus segera dihapus karena disusupi malware atau virus Joker.

    1. Auxiliary Message
    2. Fast Magic SMS
    3. Free CamScanner
    4. Super Message
    5. Element Scanner
    6. Go Messages
    7. Travel Wallpapers
    8. Super SMS

    Peneliti Quick Heal Security Labs mengatakan, pihaknya telah melaporkan temuan tersebut kepada Google. Saat ini, delapan aplikasi itupun telah dihapus.

    Akan tetapi, jika sudah terlanjur dipasang, pengguna disarankan agar segera menghapusnya dari smartphone android.

    Cara menghapus aplikasi di smartphone android

    Jika salah satu aplikasi berbahaya itu sudah terpasang di smartphone android, lebih baik segera hapus. Cara menghapus aplikasi di smartphone android yakni:

    1. Buka menu pengaturan (setting)
    2. Pilih menu Aplikasi (App)
    3. Pilih aplikasi yang hendak dihapus
    4. Kemudian pilih opsi Copot Pemasangan (Uninstall)

    <b class=””>Cara mendeteksi aplikasi berbahaya

    Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store, lalu bagaimana cara mengetahui aplikasi mana yang berbahaya dan yang tidak?

    Cara yang paling mudah adalah dengan mengecek terlebih dahulu ulasan pada kolom komentar. Jika lebih banyak komentar negatif daripada positif, lebih baik urungkan niat mengunduh aplikasi tersebut.

    Perlu kehati-hatian ekstra sebelum mengunduh dan memasang aplikasi dari Google Play Store. Pasalnya, malware Joker dapat kembali lagi di aplikasi yang tidak diketahui.

    Sudah sejak beberapa tahun lalu, virus Joker teridentifikasi, namun pelaku yang membuatnya belum diketahui sampai saat ini.

    Akan tetapi, jika dilihat dari kode bot, komentar, komando, dan server kontrol, transkripnya ditulis dalam bahasa Mandarin. Nama “Joker” sendiri berasal dari salah satu server pengendali (C&C) sang malware.

    Elsa Yani Nofitri replied 10 months, 2 weeks ago 2 Members · 1 Reply
  • 1 Reply
  • Elsa Yani Nofitri

    Member
    August 17, 2021 at 06:59

    Ngeri ya banyak hacking sekarang ini