Timeline Discussion General WHO Tak Menampik Kemungkinan Virus Corona Dibuat di Laboratorium

  • WHO Tak Menampik Kemungkinan Virus Corona Dibuat di Laboratorium

     Berita Luar Negeri updated 1 month, 1 week ago 1 Member · 1 Post
  • Berita Luar Negeri

    Member
    June 21, 2021 at 06:50

    Soal asal mula kemunculan virus corona yang saat ini telah mewabah diberbagai belahan dunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih melakukan pencarian awal pandemi dimulai.

    Meski telah menyampaikan tidak ditemukan bukti virus corona bocor dari laboratorium Wuhan di China, tapi kemungkinan itu masih belum dibantah oleh WHO.

    Berbicara langsung Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus tak menampik kemungkinan virus berasal dari laboratorium virologi di Wuhan.

    Baca Juga: Ingin Buktikan Peradaban Alien, NASA Usulkan Cari Polusi Atmosfer di Planet Lain

    Pada Jumat 12 Februari 2021, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan setelah investigasi ilmiah yang sangat penting dilakukan, semua hipotesis tetap terbuka dan memerlukan analisis dan studi lebih lanjut.

    Pernyataan itu dilontarkan ketika pemimpin tim investigasi WHO, Peter Embarek yang baru-baru ini menyimpulkan ‘sangat tidak mungkin’ virus itu mucul dari Institut Virologi Wuhan.

    Berbicara dari Jenewa, Tedros mengatakan telah mengajukan beberapa pertanyaan telah diajukan mengenai beberapa hipotesis yang telah dibuang.

    “Setelah berbicara dengan beberapa anggota tim, saya ingin memastikan bahwa semua hipotesis tetap terbuka dan memerlukan analisis dan studi lebih lanjut,” ujar Tedros, dikutip dari Daily Mail.

    “Beberapa dari pekerjaan itu mungkin berada di luar kendali dan cakupan misi ini. Kami selalu mengatakan bahwa misi ini tidak akan menemukan semua jawaban, tetapi telah menambahkan informasi penting yang membawa kami lebih dekat untuk memahami asal-usul virus,” katanya menambahkan.

    Investigasi itu disebut telah mencapai pemahaman yang lebih baik mengenai kemunculan awal pandemi dan mengidentifikasi area untuk analisis dan penelitian lebih lanjut.

    Tedros mengatakan pihaknya akan berusaha untuk mendapatkan informasi yang kami butuhkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masih perlu dijawab.

    Pernyataan pihak WHO yang menginvestigasi laboratorium Wuhan tersebut rupanya mendapat banyak kritik dari beberapa kritikus.

    Para kritikus WHO khawatir penyelidikan telah dimanipulasi China yang menyembunyikan bukti yang memalukan atau memberatkan pihaknya telah disembunyikan dari penyidik.

    Ini bukan pertama kalinya WHO mendapat kecaman karena secara tidak kritis menerima laporan dari Beijing tanpa penyelidikan di awal mula pandemi dimulai.

    Tedros bahkan juga mendapat kritik keras karena memuji China dengan menggambarkan ‘komitmen terhadap transparansi data selama tahap awal wabah’.

    WHO kembali dinilai tidak bekerja secara profesional saat berhadapan dengan China, karena Beijing diketahui telah memberikan sumbangan terbesar terhadap organisasi dunia tersebut.

    Tedros hari ini mengatakan dia berharap laporan ringkasan dari investigasi dan akan diterbitkan minggu depan, dengan laporan akhir lengkap akan menyusul dalam beberapa minggu mendatang.

Viewing 1 of 1 replies

Log in to reply.

Original Post
0 of 0 posts June 2018
Now