Mengatasi Lelah Menatap Layar Terlalu Lama

eprodin

Bekerja dari rumah atau work from home merupakan sebuah hal yang dijalani banyak orang saat ini. Hal ini sayangnya kadang mendorong kita untuk bekerja lebih lama dibanding biasanya karena cara kerja yang tidak efisien.

Jam kerja yang lebih lama ini berarti juga kita lebih lama dalam memandang layar laptop maupun ponsel. Beberapa rapat juga bahkan memanfaatkan ponsel dan laptop untuk dilakukan.

Tingginya penggunaan layar ini membuatmu bisa kelelahan karena menggunakannya terlalu lama. Hal ini kemudian bisa berpengaruh secara fisik dan mental kepada dirimu.

Cahaya biru yang keluar dari layar bisa berdampak buruk pada mata dan otak. Hal ini bisa menyebabkan sejumlah masalah mulai pusing, sakit kepala, kelelahan, serta sulit tidur di malam hari.

Rapat dan bekerja di depan layar dalam waktu lama ini juga bisa mengganggu rutinitasmu sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari kelelahan akibat memandang layar terlalu lama ini. Dilansir dari Indian Express, berikut sejumlah cara untuk mengatasi dan menghilangkan kelelahan akibat terlalu lama di depan layar.

Perhatikan Cahaya Ruangan

Bekerja di ruang gelap bakal membuat mata bekerja lebih keras. Oleh karena itu, penting untuk bekerja di ruang dengan penerangan yang memadai. Pastikan bekerja di ruangan yang terang dan terlihat dengan jelas.

Jangan Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama untuk bekerja juga bisa menyebabkan masalah. Penting untuk beristirahat secara rutin ketika kamu tengah bekerja. Kamu bisa melakukannya dengan mengelilingi ruangan atau rumah setiap duduk selama satu jam.

Jangan Rapat Berturut-turut dalam Waktu Lama

Melakukan rapat secara berturut-turut terutama dalam jangka panjang merupakan hal yang sebaiknya dihindari. Walau sama-sama menggunakan layar, interaksi melalui email atau chat di telepon tidak membebani mata seberat video.

Jangan Bekerja Berlebihan

Bekerja di rumah membuat kita tidak bisa memisahkan waktu kerja dengan waktu bersantai. Oleh karena itu, buat batasan dan jangan bekerja berlebihan dibanding yang seharusnya kamu lakukan.

Lakukan Detoks Digital

Pada hari libur, usahakan untuk melakukan detoks digital. Sebisa mungkin lakukan sebanyak dua hari dalam seminggu. Cara ini bisa membuatmu terhindar dari paparan berlebih layar dan menghindari kelelahan yang terjadi.

Jika detoks digital selama dua hari seminggu tidak bisa dilakukan, kamu bisa menggantinya selama dua jam setiap hari. Cara ini bisa membantumu terhindar dari masalah kelelahan akibat paparan layar yang terlalu lama ini.

Jika anda membutuhkan konsultasi dengan dokter secara langsung, bisa di Eprodin.com, terdapat banyak dokter yang akan menangani kesehatan anda.

Related Articles

Welcome to Ketiker!

Ketiker percaya bahwa dengan mendekatkan dunia, maka hal-hal besar akan terjadi secara cepat tanpa ada batasan jarak dan juga waktu. Di Malline, kami terus-menerus beralih,…

Responses